Selasa, 08 Februari 2011

Tips-tips Arung Jeram

 Arung jeram atau rafting adalah kegiatan yang memadukan unsure olahraga, rekrasi, petualanagn dan edukasi. Memamg tak ada persyaratan khusus untuk mengikuti kegiatan ini, karena hamper semua orang dapat mencibanya. Mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa, bahkan orang tua yang berumur 60 tahun sekalipun.
Tidak memiliki kemampuan berenang pun bukan menjadi hambatan untuk mengikuti kegiatan arung jeram. Yang anda perlukan hanya kondisi fisik yang prima dan reservasi 2 minggu sebelum kegiatan. Beberapa yang perlu diperhatikan dalam arung jeram:
I.                   Peralatan Arung Jeram : Riverboats (perahu)
Cara duduk di perahu berbeda dengan cara duduk dikursi, yaitu dengan meyimping. Peserta duduk pada sisi perahu (baik sisi kiri maupun sisi kanan) dan kaki dalam posisi kuda-kuda pada lantai perahu. Posisi kuda-kuda ini dimaksudkab sebgai pengatur kesimbangan badan Selma anda mengikuti pengarungan. Saat duduk diperahu, perhatikan jangan sampai ada bagian tubuh anda terikat atau terlilit tali. Ini sangat berbahaya jika [erahu mengalami flip atau terbalik. Pososi duduk anda pun harus mudah untuk menggapai boat line.
II.                PFD (Personal Floating Device)/ Life Jakets (Pelampung)
Seperti perahu, PFD atau pelampung memiliki berbagai jenis dan ukuran. Terbuat dari bahan polyfoam yang dibungkus dengan bahan kedap air yang berwarna terang. Cara Pemakian PFD/Pelampung: Pilihlah PFD yang berwatna cerah, pastikan tidak ada lubang atau jahitan yang terlepas [ada PFD tersebut, serta strap yang ada dapat dip[asang dan dilepas dengan mudah. Bila bagian perut anfda lebih besar dari bagian dada, piliuh dan pakailah PFD dengan ukuran lebih besar. PFD dipakai seperti menggunakan rompi/jaket. Pastikan setiap stap terpasang dengan benar dan bantalan kepala berada di luar. Atur keretan tali senyaman mungkin, sehingga PFD yang anda gunakan tidak terlalu sempit tau lonngar.
III.             Dayung (Paddle)
IV.             Setiap dayung terdiri dari 3 bagian, yaitu:
a. Pegangan, berbentuk huruf T, biasa disebut T grip
b. Gagang, terbuat dari bahan alumunium
c. Blade/bilah, gterbuat dari bahan fiber dilapisi serat karbon yang ringan dan kuat.
V.                IV. Helm
Pilihlah helm yang akan anda gunakan sesuai dengan ukuran kapala anda. Pastikan tidak keretakan pada helm tersebut serta semua tali dan strap masih dalam kondisi yang baik.

Kunjungi RAFTING KASEMBON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar